top of page

CINITY NEWS

CINITY NEWS

Tips Memulai Bisnis UMKM untuk Calon Pengusaha Muda


tips mulai bisnis UMKM
source: canva.com

Bisnis UMKM adalah sebuah rintisan usaha skala kecil menengah yang biasanya dimiliki oleh individual atau sekelompok tertentu.


Bisnis UMKM saat ini semakin digalakkan oleh pemerintah karena memiliki peranan penting dalam perekonomian seperti penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi lokal suatu wilayah.


Maka dari itu banyak program pemerintah yang sering kali memberikan dukungan dan insentif kepada UMKM untuk membantu perkembangan bisnis mereka.


Menurut Data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI 2023, Sektor UMKM memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian Indonesia dimana memiliki jumlah lebih dari 64,2 juta unit usaha, menyumbang 61,9% pada Produk Domestik Bruto (PDB), dan menyerap 97% terhadap tenaga kerja.


Ini menunjukkan bahwa UMKM yang ada di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan hingga dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perekonomian.


Nah bagi kamu yang tertarik menjadi calon pengusaha muda yang ingin memulai bisnis UMKM, simak yuk beberapa tips berikut ini:


1. Melakukan Riset


tips bisnis umkm
source: canva.com

Riset sangat penting bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Lakukanlah riset dari segala aspek seperti lokasi, target pasar, pricising strategy, produk, dan strategi promosi (4P’s).


Ini bisa menjadi acuan bagaimana produk yang dipasarkan bisa tepat sasaran.


2. Mempersiapkan Mental


tips bisnis umkm
source: canva.com

Dalam membuka bisnis UMKM sangat diperlukan mental yang kuat. Kita harus siap apabila sewaktu-waktu terjadi resiko kerugian.


Tanamkan rasa optimisme agar kita semangat dalam menjalani proses dan sikap pantang menyerah. Let us hope for the best but prepare for the worst!


3. Membangun Relasi dengan Sesama Pelaku Usaha


tips bisnis umkm
source: canva.com

Menjalin sebuah koneksi dan hubungan dengan sesama pelaku usaha sangat penting dalam industri bisnis UMKM.


Kita bisa membangun koneksi agar mudah untuk menemukan partner kerja, supplier, vendor, dan lain sebagainya.


Dengan relasi kita juga bisa saling bertukar pikiran, wawasan, dan update dengan perkembangan tren bisnis yang dinamis.


4. Mempersiapkan Modal


tips bisnis umkm
source: canva.com

Modal jadi salah satu tonggak dalam memulai usaha. Modal bisa dipersiapkan dari saat kamu melakukan riset.

Modal usaha yang paling umum bisa kamu dapatkan dari tabungan pribadi, menjual aset pribadi, melakukan pinjaman modal usaha ke lembaga permodalan, mencari investor atau relasi bisnis, dan lain sebagainya.


5. Pilih Lokasi Yang Strategis


tips bisnis umkm
Urban Hub, Shopping Street di Cikarang International City (CINITY)

Memilih lokasi adalah hal yang tak kalah penting yang juga berdampak pada output penjualan.


Lokasi yang strategis dapat menentukan bisnismu mudah dijangkau oleh para pembeli.


Walaupun saat ini telah memasuki era modern digital, sehingga siapapun bisa berjualan secara online.


Namun keberadaan tempat offline tetap penting untuk menunjang keberlanjutan usahamu.


Pasalnya, dengan adanya tempat offline juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen atas produk yang kita pasarkan sehingga pembeli bisa melihat langsung kondisi barang yang ditawarkan.


Tidak hanya itu, pelayanan juga terasa lebih mudah saat ada yang kurang jelas atau kurang memuaskan dari produk kita bisa langsung ditanyakan pada penjual.


Serta pembeli tidak perlu menambah biaya tambahan yaitu ongkos kirim karena penjual tidak perlu melakukan pengemasan barang dan mengirimnya ke jasa pengiriman barang.


Pilihlah tempat usaha yang dekat dengan jalan raya, mudah terlihat, dan berada di tengah-tengah keramaian.


Ciri-ciri tempat usaha strategis seperti ini, sangat cocok untuk kamu memulai bisnis UMKM. Seperti yang dapat kamu temukan di kawasan Cikarang International City (CINITY), terdapat Urban Hub yaitu ruko tiga lantai dengan konsep trilogy, yang kamu bisa manfaatkan dengan 3 fungsi berbeda disetiap lantainya. Terletak di main boulevard dengan ROW 43 meter, Urban Hub menjadi centre off attention pada setiap pengendara yang lewat.


Urban Hub dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan seperti dibuat menjadi coffee shop pada lantai satu, co-working space pada lantai dua, dan hunian pribadi atau kos-kosan pada lantai 3.


Urban Hub memiliki akses parkir langsung untuk memudahkan pengunjung yang dilengkapi dengan area outdoor (sitting area) sepanjang 7 meter dan signage besar untuk memberikan exposure yang besar terhadap produk atau brand di setiap unitnya.


Urban Hub dapat dikatakan menjadi tempat usaha paling potensial karena memiliki pangsa pasar sebanyak 1,5 juta.


Informasi lainnya dapat mengunjungi Marketing Gallery Jalan Boulevard Cinity Kav. 18, Karang Raharja, Cikarang Utara atau dapat menghubungi Property Consultant kami yang dapat membantu Anda. (klik disini)





Written by: Kharisma Darafika








bottom of page