top of page

CINITY NEWS

CINITY NEWS

Bisnis Sendiri atau Bisnis Franchise, Lebih Untung Mana?


bisnis sendiri atau bisnis franchise
source: canva.com

Fenomena anak muda untuk membuka bisnis sendiri tampaknya semakin menjamur. Minat berwirausaha di kalangan muda bisa semakin tinggi dilihat dari banyaknya bisnis franchise yang sedang merajalela saat ini seperti Mie Gacoan, Mixue, Es Teh, dan lain sebagainya.


Banyak anak di usia muda yang memutuskan untuk memiliki usaha sendiri usai lulus menempuh pendidikan di bangku kuliahnya.


Mengutip pernyataan Menteri Koperasi UKM RI, Teten Masduki dari kompas.com ia mengatakan data dari KemenKopUKM, saat ini sebanyak 73 persen anak muda dari seluruh penduduk Indonesia ingin menjadi pebisnis, bukan lagi menjadi pegawai. Selain itu, survei CSIS (Centre for Strategic and International Studies) juga menyatakan bahwa lebih dari 70 persen anak muda ingin menjadi pebisnis.


Lalu, selanjutnya apakah sebaiknya membangun bisnis franchise atau bisnis sendiri?


Berdasarkan www.julo.co.id setidaknya ada 6 hal yang harus dilakukan saat ingin membangun bisnis sendiri diantaranya; 1) melakukan riset untuk menentukan target pasar 2) menentukan posisi brand secara tepat (positioning) 3) menentukan nama brand sesuai dengan tujuannya 4) memilih slogan untuk brand 5) membuat tipografi dan warna brand untuk tampilan visual brand 6) membuat logo brand, dan rencana dan pelaksanaan strategi marketing.


Mungkin proses ini sedikit lebih complicated dan panjang namun memiliki kepuasan tersendiri terlebih bagi kamu yang telah memiliki passion untuk membangun bisnis dari 0.


Namun begitu tidak banyak juga yang memilih untuk melakukan bisnis franchise.


Agar bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu yang ingin membuka usaha yuk kita simak beberapa keuntungan dan kekurangannya!


Keuntungan Bisnis Sendiri


bisnis sendiri atau bisnis franchise
source: canva.com


Walaupun proses dalam membangun usaha sendiri memakan waktu yang cukup panjang namun, banyak sekali entrepreneur muda yang tidak tergoyahkan dan bersungguh-sungguh dalam hal ini.


Berawal dari motif ingin mencari sebuah pengalaman yang lebih menantang di dalam dunia wirausaha.


Membuka usaha rintisan memang salah satu yang bisa dilakukan sebagai proses pembelajaran sambil meningkatkan pengalaman dengan keahlian yang lebih cepat.


Keuntungan memiliki usaha sendiri diantaranya; 1) kamu bisa menentukan kebutuhan modal dan skala yang lebih kecil sesuai dengan kebutuhan 2) Bebas berinovasi bereksperimen sesuai dengan kreativitas masing-masing,serta mengembangkan minat dan hobi 3) Kepemilikan penuh akan brand sehingga potensi konflik rendah 4) Keuntungan tidak terbatas


Namun di samping itu resiko yang dimiliki juga tak kalah besarnya.


Kita juga harus bekerja lebih ekstra karena harus mempelajari segala sesuatunya, mulai dari pembuatan produk, pembukuan, hingga strategi pemasaran dan aktivasi pengenalan brand di awal-awal.


Keuntungan Bisnis Franchise


bisnis sendiri atau bisnis franchise
source: canva.com

Sedangkan berbeda dengan franchise, model usaha yang berbasis dengan prinsip kemitraan.


Keuntungan dengan model usaha franchise diantaranya; 1) brand sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya sehingga kita tidak perlu repot dalam memperkenalkan produk yang akan dijual 2) manajemen juga sudah menyediakan SOP (Standart Operating Procedure) sehingga kita hanya perlu menjalankan prosedur seperti mengemudi dengan sistem auto pilot 3) Peralatan juga sudah lengkap disediakan oleh pemilik usaha (franchisor) dan kita akan diberi tahu kiat-kiat agar bisa sukses sekaligus diberikan pelatihan yang kita butuhkan dalam menjalankan bisnis tersebut.


Namun, biasanya pada usaha franchise, kita juga membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan usaha sendiri.


Terdapat biaya di awal ketika membeli paten dan beberapa kewajiban yang telah ditetapkan.


Ditambah pula, kita juga harus rela untuk menyetujui sistem bagi hasil dalam perjanjian waralaba. Jadi, bagaimana apakah kamu siap?


Jadi Mana Yang Lebih Menguntungkan, bisnis franchise atau bisnis sendiri?


Walaupun begitu baik bisnis sendiri atau bisnis franchise semua memiliki keunggulan dan resiko masing-masing. Sehingga perlu kalian pahami terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan pilihan.


Keduanya mungkin tampak berbeda namun memiliki tujuan yang sama-sama menghasilkan keuntungan.


Setelah sedikit mengulas plus-minus bisnis sendiri atau franchise dan memiliki gambaran tentang apa sebaiknya yang dipilih selanjutnya jangan lupa pastikan untuk memiliki tempat bisnis yang strategis sebagai faktor kesuksesan dalam memulai usaha.



Seperti tempat usaha di Urban Hub yang merupakan ruko tiga lantai yang berada dikawasan Cikarang International City (CINITY), kawasan residensial dan komersial di pusat kota Cikarang. Urban Hub hadir dengan konsep FnB di Main Boulevard dengan ROW 43 meter yang memiliki akses parkir langsung.


Dilengkapi juga dengan area duduk (sitting area) 7 meter, signage besar, dan dan konsep trilogy yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan.


Dengan begitu ruko ini bisa diatur lantai satu digunakan untuk coffee shop, lantai dua untuk co-working space, dan lantai tiganya untuk hunian.


Dengan harga yang dipasarkan mulai dari Rp1,9 miliar ruko ini tengah menjadi incaran para entrepreneur muda yang ingin mencari lokasi untuk membuka usahanya.


Bagi kamu yang tertarik bisa temukan informasi lainnya di https://bit.ly/CinityContact atau di Marketing Gallery Jalan Boulevard Cinity Kav. 18, Karang Raharja, Cikarang Utara.


Written by: Kharisma Darafika

bottom of page