top of page

CINITY NEWS

CINITY NEWS

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan


pentingnya olahraga bagi kesehatan
source: canva.com

Kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan. Punya tubuh dan pikiran yang sehat menjadi manifesting banyak orang. Memiliki hidup yang sehat bisa dimulai dari aktivitas olarahraga. Faktanya, ada banyak sekali lho ragam olahraga yang bisa kamu explore sesuai dengan passionmu.


Mulai dari yang bisa dilakukan sendiri seperti jogging, renang, yoga sampai dengan olahraga yang perlu menggunakan alat olahraga khusus seperti bersepeda, pilates, muay thai, berkuda, sepak bola, hingga gym. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu ikuti, bukan? Mulai dari yang bisa dilakukan secara individual maupun olahraga berkelompok atau tim.


Memulai olahraga sejak usia muda itu jauh lebih banyak memberikan manfaat dibanding memulai olahraga ketika memasuki usia tua. Mengapa? karena dapat membentuk kebiasaan sehat yang lebih lama, tubuh yang cenderung lebih lentur, dan pemulihan yang lebih cepat jikalau terkena cedera. Namun walaupun begitu, memulai olahraga pada usia tua juga tidak sia-sia ya! Olahraga dapat memberikan manfaat kesehatan dan kualitas hidup pada berapa pun usianya. Yang terpenting adalah untuk terus memulai dan menjalani gaya hidup yang aktif dan sehat.


Yuk kita simak ada banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan apabila kita tekun menjalaninya diantaranya:


1. Menjauhkan dari beragam penyakit

Rutin berolahraga membebaskan penyakit-penyakit yang ada di tubuh karena dapat meningkatkan daya tahan agar tubuh tidak mudah terserang virus ataupun bakteri. Saat berolahraga, tubuh akan dibuat lebih bebas aktif bergerak sehingga memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.


2. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit bisa dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur, produksi antioksidan alami dalam tubuh akan meningkat yang dapat membantu melindungi sel. Selain itu, olahraga juga bisa menstimulasi aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang bisa membantu menunda penuaan kulit.


3. Memperbaiki suasana hati

Saat suasana hati sedang buruk atau sedang merasa stress, berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran dapat memperbaiki suasana hati. Berolahraga diketahui dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat suasana hati lebih bahagia dan santai.


4. Good for Mental Health!

Selama berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks. Ini dapat membantu kamu mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi. Bila stres terkendali dengan baik, tubuh juga akan terlindungi dari berbagai macam gangguan.Sehingga membuat mood semakin positif.


5. Bikin Tidur Lebih Berkualitas

Buat kamu yang sulit tidur dan jarang mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga menyebabkan tubuh melepaskan endorfin sehingga tidur lebih pulas dan nyenyak.


Berapa Banyak Waktu Olahraga yang Dibutuhkan?

Sebagian besar pedoman kesehatan merekomendasikan setidaknya sekitar 30 menit sehari, setidaknya lima hari seminggu. Pastikan kamu tidak memaksakan tubuh untuk beraktivitas fisik ketika sedang sakit atau cedera.

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum kamu berolahraga seperti pemanasan yang cukup, mengkonsumsi makanan ringan, dan meminum cukup air. Serta jangan lupa ya untuk melakukan pendinginan setelahnya, istirahat yang cukup, dan konsumsi asupan nutrisi saat setelah melakukan olahraga, Cinitizen!

Referensi: Halodoc


bottom of page