top of page

CINITY NEWS

CINITY NEWS

Warga Kabupaten Bekasi Kini Sudah Bisa Naik Bus Listrik, Tersedia untuk Rute Cikarang Utara-Soekarno



BEKASI, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi mulai memperkenalkan bus listrik sebagai moda transportasi umum yang baru untuk warga Kabupaten Bekasi.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna menuturkan, bus listrik yang dioperasikan oleh perusahaan swasta itu rencananya akan melayani penumpang dari Cikarang Utara menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.


Selain bus listrik, Dishub Kabupaten Bekasi juga akan segera mengoperasikan mobil listrik berukuran kecil dengan rute Grand Cikarang City menuju Stasiun Cikarang.


"Selain bus listrik, kami juga akan operasikan mobil listrik unit kecil dengan rute Grand Cikarang City (GCC) menuju Stasiun Cikarang," ucap Yana dikutip dari keterangannya, Rabu (28/9/2022).


Yana menyebut, di tahun 2023, pihaknya akan memprioritaskan mobil listrik koridor satu yang akan menghubungkan Jababeka dengan Stasiun LRT di Jatimulya. Seperti bus di zaman sekarang, moda transportasi umum ramah lingkungan ini juga hanya akan mengangkut dan menurunkan penumpang di halte yang sudah disediakan.


"Bus listrik ini tidak menaikan dan menurunkan penumpang di jalan, tapi hanya berhenti di halte-halte (shuttle bus), untuk membiasakan kedisiplinan masyarakat," ungkap Yana.


Selain itu, lanjut Yana, pihaknya juga tengah mengembangkan park and ride kendaraan di Kabupaten Bekasi.


Diharapkan, park and ride ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke DKI Jakarta.


Rencananya, lokasi yang dipilih adalah di Perumahan Metland Tambun dan di sekitar Stasiun Cikarang.


"Lokasi yang akan dijadikan park and ride, di dekat Stasiun Cikarang dan Metland Tambun, di sana masyarakat bisa menitipkan kendaraan dan berganti moda dengan kereta api," pungkas Yana.


Sumber: Kompas.com

Penulis : Joy Andre

Editor : Ivany Atina Arbi

bottom of page